Label

Kamis, 19 Januari 2012

semaan kodama

SEMA’AN AL-QUR’AN KODAMA

Oleh: Ahmad Mubarok

Pada hari jum’at, tanggal 20 Januari 2012 diadakan sema’an al-Qur’an bil-ghoib di masjid jami’ Kodama Yogyakarta. Sema’an ini diadakan oleh anggota kodama putri yang memiliki inisiatif untuk mencoba berproses lebih intensif di lembaga dakwah kodama. Kebanyakan anggota kodama putrid berasal dari pondok pesanteren al-Munawir dan pondok pesanteren ali Maksum yang kebetulan memang berjarak tidak terlalu jauh. Dan memang, sebagian besarr kekuatan SDM kodama berasal dari kedua pondok pesanteren itu.

Semaa’an al-Qur’an dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai selsai. Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan yang nyata dari para anggota kodama wati dalam melakukan syi’ar agama islam, di desa krapyak khususnya. Desa krapyak memang memiliki identitas agama yang cukup terkenal, terutama karena adanya pondok pesanteren al-Munawir dan ali Maksum yang terkenal di lingkup nasional. Namun identitas agama ini tidak selaraas dengan basis masyarakat local (masyarakat kerapyak), dimana masih sangat banyak masyarakat local yang masih membutuhkan bimbingan keagamaan dari berbagai pihak. Dan untuk ritual sema’an al-Qur’an saja, di desa ini masih tergolong ritual yang baru.

Di pondok pesanteren al-Munawir dan ali Maksum memang banyak santri yang mendalami hafalan al-Qur’an dengan intens, sehingga untuk ritual sema’an al-Qur’an sudah sangat biasa dilakukan di lingkup pondok pesanteren, namun tidak halnya dengan masyarakat sekitar. Masyarkat sekitar masih memandang sema’an al-Qur’an sebagai ritual yang wah, karena bagi mereka menghafal al-Qur’an sebanyak 30 jus merupakan hal yang luar biasa. Jangankan untuk menghafal 30 jus ayat-ayat dalam al-Qur’an, untuk membacanya saja secara baik dan benar sudah merupakan perihal yang luar biasa dalam kacamata mereka.

Melihat realita ini, kegiatan seaman al-Qur’an yang di adakan sahabati sahabati kodama putri merupakan langkah dakwah yang cukup setrategis untuk menarik perhatian masyarakat sekitar. Semoga acara ini dapat memberika manfaat yang besar bagi setiap orang yang mendengarkan, dan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan konsisten selama beberapa waktu kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar