Label

Kamis, 19 Januari 2012

rpp abu bakar sidiq

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester                        : VII / II
Pertemuan ke                          : I
Alokasi Waktu                        : 2X40 menit

I.              Standar Kompetensi
Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

II.           Kompetensi Dasar
Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh kholifah Arrosidin

III.        Indikator
Siswa dapat:
1.      Siswa dapat menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh khalifah Abu Bakar Sidiq
2.      Siswa dapat menceritakan berbagai prestasi yang dicapai khalifah Umar Bin Khatab
3.      Siswa dapat menceritakan berbagai prestasi yang dicapai khalifah Utsman bin Affan
4.      Siswa dapat menceritakan berbagai prestasi yang di capai khalifah Ali Bin Abu Tholib
IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah terlaksananya bembelajaran ini, siswa diharapkan mampu :
1.      Menceritakan berbagai prestasi yang di capai khalifah Abu Bakar Sidiq
2.      menceritakan berbagai prestasi yang dicapai khalifah Umar Bin Khatab
3.      Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai khalifah Utsman Bin Affan
4.      Menceritakan berbagai prestasi yang di capai khalifah Ali Bin Abu Tholib
5.             Karakter yang dikembangkan
1.    Gemar membaca
2.    Rasa ingin tahu
3.    Toleransi
4.    sosial
5.    Menghargai prestasi

6.             Materi dan Cakupan Materi
Prestasi yang dicapai khalifah Abu Bakar Sidiq
1)      Pengangkatan Abu Bakar Sidiq menjadi khalifah pertama
2)      Tantangan memerangi kaum murtasz pada masa Khalifah Abu Bakar Sidiq
3)      Kodifikasi Al-Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar Sidiq
4)      Perluasan Wilayah pada masa khalifah Abu Bakar Sidiq
7.    Pendekatan/ Metode / Strategi
   Pendekatan        :  Rasional, Etis, fungsional, kooperatif
   Metode              :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
Strategi              : bekerja dengan berkelompok, bertukar informasi, menggali atau mencari informasi

8.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
§  Guru memberikan salam, berdoa bersama, menanyakan kabar dan kehadiran siswa (absensi)
§  Guru mengadakan taaruf dengan siswa
§  Guru mengadakan pre test secara lisan  untuk melihat seberapa jauh penguasaan siswa atas materi pemerintahan khalifah Abu Bakar Sidiq
§  Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran materi pemerintahan Khalifah Abu Bakar Sidiq
b.    Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
§  Guru menjelaskan secara singkat tentang kekhalifahan Abu Bakar Sidiq
§  Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok
§  Siswa mencari teman sekelompoknya.
Elaborasi
§  Masing-masing kelompok mendiskusikan tema yang berbeda, dimana kelompok satu membahas tentang upaya khalifah Abu Bakar Sidiq memerangi kaum murtad. Kelompok dua membahas tentang upaya kodifikasi Al-Qur’an yang dilakukan khalifah Abu Bakar Sidiq. Kelompok tiga membahas tentang perluasan wilayah pada masa khalifah Abu Bakar Sidiq.
§  Guru membagikan selebaran yang berisi tentang uraian materi dan beberapa pertanyaan tentang isi materi kepada masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan uraian materi sesuai dengan pembahasan kelompoknya.
§  Siswa diminta melakukan diskusi dan menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh guru.
§  Setelah siswa selesai berdiskusi, masing-masing perwakilan kelompok memperesentasikan diskusi.
§  Setelah presentasi selesai, siswa diminta menanggapi atau menyanggah atau bertanya tentang presentasi kelompok.
Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik terhadap proses presentasi siswa untuk meluruskan diskusi apabila tidak tepat
c.    Kegiatan Akhir (10 menit)
§  Guru memberikan pemantapan materimateri kepada siswa, dan menyebutkan ppoint-point penting dari pembelajaran hari ini.
§  Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari minggu depan, Yaitu tentang prestasi yang dicapai oleh pemerintah khalifah Umar Bin Khatab
§  Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan tentang pemerintahan khalifah umar bin khatab
§  Guru mengakhiri pembelajan dengan berdoa, dan memberikan salam.




9.    Penilaian
Teknik                            : Tes tulis
Bentuk                           : esai
Contoh Instrumen         :          
1.    Permasalahan apa yang terjadi dalam pergantian pemimpin setelah nabi wafat?
2.    Apa alas an beberapa muslim melakukan pembangkangan tidak mau membayar zakat Kepada khalifah Abu Bakar Sidiq?
3.    Apa alasan utama bagi khalifah Abu Bakar mengeluarkan kebijakan kodifikasi Al-Qur’an?
4.    Sebutkan prinsip yang harus dipegangi para Da’I atau tentara ketika memasuki daerah baru?

10.         Sumber/Media
1.    Mahrus As’ad, dkk. Ayo Mengenal Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas VII, (Jakarta: Erlangga, 2008)
2.    2.Dr. H. Murodi, Pendidikan Agama Islam Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2008 Madrasah Tsanawiyah Kelas VII, (Semarang: PT Karya Putra, 2008)
3.    Hard copy materi
4.    Alat tulis




          Mengetahui,                                                      Yogyakarta, 17 Desember 2011
        Kepala Madrasah                                                                    Guru


     Drs. Paimin Bin Imin                                                         Ahmad Mubarok
NIP. 100 928 740 873                                                             NIM. 09410002


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar